cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ANSIRU PAI : Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 25493051     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL ansiru PAI is a scientific journal on Teacher Training and Development of Islamic Education. The journal is managed by Master Degree Program under the Faculty of Islamic Education and Teacher Training (FITK) of the State Islamic University of North Sumatera (UIN Sumatera Utara). This journal focuses on the discussion of teacher training and development of Islamic education on the basis of four competences: pedagogical, personal, social, and professional skills. The analysis can be viewed from various perspectives of interdisciplinary studies. Jurnal Ansiru PAI is published twice a year: January and July.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI" : 30 Documents clear
PENERAPAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PLAWAD 04 Ahmad Ridwan; Abdurrohim Abdurrohim; Taufik Mustofa
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16711

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moral siswa. Namun, semangat belajar siswa terhadap mata pelajaran ini seringkali menurun. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode diskusi sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Plawad 04. Metode diskusi merupakan pendekatan interaktif yang melibatkan siswa dalam berbagi ide, berdebat, dan berpikir kritis mengenai topik yang sedang dipelajari. Artikel ini akan membahas manfaat metode diskusi, langkah-langkah penerapannya, serta dampaknya terhadap semangat belajar siswa. Dalam penulisan artikel ini, penulis melakukan observasi dan wawancara dengan guru dan siswa SDN Plawad 04. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan semangat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
PENGARUH PROKRASTINASI AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS 7 DI MTS AL-IANAH KOSAMBI Nurul Anisa; Lilis Karyawati; Nia Karnia
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16717

Abstract

Perilaku prokrastinasi di lingkungan akademik di masa kini adalah suatu sikap yang umumnya terlihat, bahkan sejak usia siswa sekolah dasar. Hal seperti prokrastinasi tentunya tidak cukup baik untuk dijadikan suatu kepribadian. Sebab selain mempengaruhi nilai hasil belajar, hal tersebut juga membuat siswa lama-kelamaan menjadi kurang percaya diri, tidak bisa mengidentifikasi skala prioritas, serta kurang pandai dalam mengatur waktu. Berdasarkan apa yang terjadi di lapangan, terdapat gejala-gejala prokrastinasi pada siswa kelas 7 di MTs Al-Ianah Kosambi. Peneliti kemudian bermaksud untuk melakukan penelitian kuantitatif kausal-komparatif dengan metode expost-facto atas variabel x (prokrastinasi akademik) terhadap variabel y (hasil belajar bahasa Arab). Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi hasil PAT siswa, untuk kemudian dianalisis dengan uji statistik deskriptif dan inferensial. Dari hasil analisis data, diperoleh nilai thitung terhadap ttabel adalah -3,109 < 1,66 dengan nilai signifikansi memiliki besaran 0,003 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, prokrastinasi akademik memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Arab kelas 7 di MTs Al-Ianah Kosambi.
PERAN ORANG TUA DALAM KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN ANAK DI KECAMATAN TELUKJAMBE KABUPATEN KARAWANG Tiara Febriyanti; Masykur H Mansyur; Jaenal Abidin
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16656

Abstract

Di zaman canggihnya teknologi sekarang, banyak anak-anak yg lebih tertarik bermain game dibanding menghafal Al-Qur'an. Gadget  merupakan teknologi yang sering dibawa oleh anak. Anak yang kecanduan gadget akan sangat mempengaruhi perkembangan kognitif anak. Menjadi seorang penghafal Al-qur’an adalah keinginan semua orang tua. Namun untuk mendapat tujuan mulia tersebut memerlukan perjuangan yang sangat kokoh dan tangguh. Dalam hal ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak menjadi penghapal Al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menghafal Al-qur’an anak. Adapun metode yang digunakan yaitu metode kualitatif, teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.   subjek pengumpulan data yaitu orang tua dan anak di Kecamatan Teluk Jambe Kabupaten Karawang. Adapun teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa orang tua sangat memprioritaskan pendidikan anak terutama dalam menghafal Al-quran. Peran orang tua  juga sangat baik dalam menghafal al-qur’an anak. Peran orang tua dalam kemampuan menghafal Al-Qur’an anak di kecamatan Telukjambe Karawang yang dilaksanakan orang tua dalam peranannya mendidik anak, diantaranya: Memberi Contoh dan Memberi Perintah untuk Mencontoh,Memberi Dorongan (Motivator), Memberi Tugas dan Tanggung Jawab dan Memberi Kesempatan Mencoba, Menciptakan Situasi yang Baik, Mengadakan Pengawasan dan Pengecekan. Dengan adanya peran tersebut dapat menjadikan anak lebih mencintai Al-qur’an ketimbang dunia luar yang sedang marak terjadi memberikan dampak negatif kepada anak. 
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH AD-DHUHA PADA SISWA DI TK YAPENA KARAWANG Yolanda Yusuf; Khalid Ramdhani; Ajat Rukajat
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16669

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan menghafal surah Adh-dhuha pada siswa di TK Yapena Karawang. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research ) teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan survey. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa dalam menignkatkan kemampuan menghafal surah adh-dhuha, guru memiliki peran selain sebagai pendidik, juga sebagai pembimbing, motivator, dan pemicu agar peserta didik dapat terpancing dangan apa yang ada dalam ingatannya tentang surah adh-dhuha
MODEL PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PENGELOLAAN KELAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SDN PLAWAD 4 KARAWANG TIMUR Nurul Aisyah; Lilis Karyawati; Nia Karnia
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16520

Abstract

This study aims to develop an effective classroom management model in the subject of Islamic Religious Education (PAI) at SDN Plawad 4 East Karawang. This model is expected to assist teachers in managing the classroom, improve the quality of learning, and facilitate the spiritual and moral development of students. The research method used is qualitative by involving PAI teachers at SDN Plawad 4 East Karawang. Data collected through interviews. The results showed that the classroom management model developed succeeded in increasing active student participation, creating a conducive learning environment, and increasing students' understanding of PAI material. In addition, this model also encourages the development of mutual respect, cooperation, and social care among students. Thus, this classroom management model can be used as a reference for PAI teachers in other schools in increasing the effectiveness of PAI learning
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 TEMPURAN Dewi Mayasari Alifia Agustin; Amirudin Amirudin; Iqbal Amar Muzaki
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16722

Abstract

Supervisi akademik merupakan bantuan dari pengembangan situasi belajar mengajar agar dapat memperoleh situasi yang lebih baik lagi. Supervisi akademik memiliki sifat yang lebih mengarah pada personalia sekolah. Tugasnya bertanggung jawab terhadap aspek-aspek tujuan sekolah dan tergantung kepada para personalia yang lain. Tujuannya yaitu untuk menolong mereka menyelesaikan tugasnya kepada sekolah yang bersangkutan. Metode yang digunakan yaitu kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Selanjutnya agar dapat menganalisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pelaksanaan supervisi akademik dilakukan oleh kepala sekolah smpn 2 tempuran, maka kepala sekolah harus mampu melaksanakan berbagai pengawasan dan pengendalian guna meningkatkan proses belajar mengajar. Pengawasan dan pengendalian ini untuk mengkontrol agar kegiatan akademik di sekolah sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Kepala sekolah berperan sebagai supervisor tugasnya untuk pengawas, pengendali, pembina, pengarah, dan pemberi contoh kepada guru-guru lain.
MEDIA KARTU SEBAGAI PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB DI TKQ TAMRINUSSHIBYAN Tati Ratnasari; Oyoh Bariah; M. Makbul
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16109

Abstract

Children who are slow in mastering the skills of reading Arabic letters and reciting them. Meanwhile, it is not appropriate for kindergarten teachers to emphasize reading, writing and arithmetic skills to their students. Indeed, it will later ease the work of elementary school teachers. However, what should be kept in mind by all parties is that the age of kindergarten children is the age of children to play, what needs to be taught to children is only gross motor skills, for example: balance as a provision for concentration or jumping. As a preschool institution, the main task of kindergarten is to prepare children by introducing various knowledge, attitudes or behaviors, skills and intellectuals and language so that they can adapt to actual learning activities in elementary schools in the future (Depdiknas, 2000: 2). This picture and letter card game or what the author calls Arabic numeral cards can provide a relaxed and informal learning situation, free from tension and anxiety. Children are actively involved and required to provide feedback and make a decision. Playing with picture cards should be fun and learning to read should be fun too.
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH Syti Mayang Sari; Muhammad Riduan Harahap; Ahmad Ridwan
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media pembelajaran poster pada mata pelajaran fiqih, dan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan bagaimana pemanfaatan media pembelajaran poster dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa mata pelajaran fiqih di MTs. Alwashliyah Pantai Cermin?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisa data menggunakan display data, penyajian data, dan meyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat penggunaan media poster dalam pembelajaran fiqih, akan membantu siswa dalam pembelajaran, menimbulkan respon yang baik dari siswa khususnya dalam pembelajaran fiqih sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Dimana Minat belajar Siswa MTs Alwashliyah Pantai cermin, dapat dikategorikan baik, terlihat dari keaktifan belajar siswa ketika proses pembelajaran, timbulnya minat belajar siswa karena adanya dorongan, motivasi maupun semangat yang timbul dalam diri siswa berkat upaya yang dilakukan oleh guru Fiqih untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga berpengaruh minat belajar siswa, dan pemanfaatan media poster dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Alwashliyah Pantai cermin, setelah dilakukan tindakan ternyata penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa, mengurangi atau menghindari terjadi adanya verbalisme, membangkitkan motivasi belajar siswa sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang ditunjukkan dari nilai raport dengan nilai rata-rata 82 sudah mencapai nilai pada Kriteria Ketuntasan Minimum Madrasah. Penggunaan poster sebagai media pembelajaran mampu mendukung proses belajar mengajar dua arah dan suasana belajar menjadi aktif. 
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTS AL-MUAWANAH CILAMAYA Ummi Marwatul Mutmainnah; Amirudin Amirudin; Iqbal Amar Muzaki
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16829

Abstract

Peserta didik dalam sebuah Pendidikan merupakan unsur yang paling penting karena peserta didik merupakan bagian masyarakat yang memiliki upaya untuk mengembangkan potensi diri, minat dan bakat dengan memasuki Pendidikan sesuai jenjangnya masing-masing. Penelitian ini dilakukan guna untuk melihat proses manajemen peserta didik agar berhasilnya tujuan Pendidikan di MTs Al-Muawanah Cilamaya. Jenis penelitin ini yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Proses pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi manajemen peserta didik di MTs Al-Muawanah sudah cukup baik adapun manajemen peserta didik adalah :1) Penerimaan peserta didik baru, 2) orientasi peserta didik, 3) Pembinaan dan Pengembangan peserta didik, 4) Pencatatan dan pelaporan, 5) Kelulusan dan Alumni. Dapat disimpulkan bahwa secara umum MTs Al-Muawanah telah melaksanakan manajemen peserta didik sesuai dengan indikator manajemen peserta didik.  
BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI TAHANAN DI RUTAN POLRES NIAS SELATAN Fikri Abdillah; Khairuddin Lubis; Hotni Sari Harahap; Khairul Anwar
ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam Vol 7, No 2 (2023): JURNAL ANSIRU PAI
Publisher : Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30821/ansiru.v7i2.16885

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program bimbingan keagamaan bagi Tahanan di Rutan Polres Nias Selatan, pelaksanaan program bimbingan keagamaan bagi Tahanan di Rutan Polres Nias Selatan , dan dampak program keagamaan bagi Tahanan di Rutan Polres Nias Selatan. Adapun jenis penelitian beerupa penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitati deskriptif, sementara untuk tehnik pengumpulan datanya yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program keagamaan dilakukan melalui beribadah, kajian ceramah agama, menciptakan seni, dan olahraga dengan program keagamaan umum dan khusus di kalangan Polres Nias Selatan program umum dan program khusus. Pada program umum terdapat berbagai program harian seperti senam di dalam sel tahanan.  Kemudian ada program mingguan, yaitu para keluarga menjenguk atau besuk kerabatnya yang ada di dalam sel tahanan. Dalam program ini juga pada program keagamaannya yaitu pada sholatnya mereka tahanan melakukan sholat dengan berjamaah, berpuasa, mengaji, sampai mereka melakukan sharing atau bertukar pendapat antar teman tahanan dengan berdiskusi membahas seputar agama. Program khusus seperti tausyiah, sehingga Program keagamaan di kalangan Polres Nias Selatan memberikan memberikan dampak positif terhadap para tahanan. Adanya program keagamaan ini sudah menjadi bagian dalam Polres Nias Selatan ini untuk selalu memberikan arahan dan bimbingan seputar program keagamaan yang sudah ditentukan. Agar kehidupan tahanan selama di dalam masa tahanannya menjadi lebih terarah dan juga mengisi kekosongan dengan selalu tetap bertakwa kepada Allah swt.

Page 1 of 3 | Total Record : 30